jadi bimbang..

dari sekian banyak cerita yang pengen aku tulis.. saat ini terkalahkan dengan curcol aku tentang proposal PKM-P..
jadi ceritanya, pada saat setelah aku dan iyuth.. (sohib seperjuangan dan senasibku di upi) selesai mengikuti tes final olompiade sains nasional pertamina tingkat jawa barat di ITB.. kami berdua.. sudah bertekad merampungkan proposal PKM-P kami tentang biofuel dari alga.. atas bimbingan dan saran dari ibu dosen imut nan cantik ibu heli siti.. ntu proposal kagak beres beres dah dari sebulan yang lalu,, hehe.. kagak rampung juga gara-gara mikirin tugas kuliah.. terus belajar buat olimpiade.. grrrrr... seabis olim, mantap deh.. bu heli berangkat ke jepang.. dengan sangat berat hati aku dkk melanjutkan perjuangan tanpa minta masukan dari bu heli sampai kami yakin bisa mengajukannya dan meminta saran terbaik dari beliau. tapi dg izin ALLAH.. aku sekelompok kan ga cma sama iyuth., sama purkon, dan resta.. temen seangkatan (kimia-2009) dan si bungsu asep adik tingkatku (kimia-2010).. bantuan dari ALLAH melalui temen-temen sekelompok aku.. :) akhirnya bisa rampung oge..

sebenernya jujur aje ye.. pas ngerjain proposal ntu, aku banyak bgt bingungnya.. mulai dari arah penelitiannya, trus nyari literatur yang cocok.. gatau.. susah banget cari tentang cyanobakter.. entah knpa susah banget cari literatur cyanobakter..
tapi move on aja..
setelah beberapa kali tanya bu heli dan teh nisa.. akhirnya kami memutuskan judul penelitiannya..
yah.. udh dari sejak lama tergagaskan sih tapi baru ngeuh gimana langkah-langkahnya pas di akhir-akhir dealine pengumpulan.. konyol banget kan!!
lanjut..
setelah ngerti metoda penelitiannya.. akhirnya kami mulai cari prosedur-prosedur baku untuk analisis mikrobiologi cyanobakter, kuantitatif karbohidrat, dan lipid.. yang bisa dihasilkan oleh hasil fotosintesis cyanobakter...
beruntung bisa dapet dari buku mikrobiologi di jurusan biologi,, dan inspirasi dari buku mikrobiologi esensial dari teteh.. heuheu..

h-1 masih ngedit2 tuh.. parah... masih ngetik alat+bahan.. dan biaya yang dibutuhin.. ckckck.. agak mengarang indah juga sih itu... abisnya bingung banget kejadiannya itu pas hari minggu.. purkon, iyuth sama asep bareng aku nangkring di belakang upi net buat ngerampungin proposal.. rapih-rapihin.. benerin dapus.nya... jam4 sore tuh belum beres.. akhirnya aku yang finishing biaya, iyuth yang rapihin..
yang jadi masalah terbesar itu.. pembimbing kami tuh kan ke jepang.. kuliah s3... mana mungkin kami minta ttd beliau ke jepang kan.. akhirnya aku nelepon pak gungun untuk mau jadi pembimbing kami.. beliau masih satu bidang di kimia hayati dengan bu heli siti.. bersyukur pak gungun mau.. :) dan beliau bisa datang pas hari senin..

terus.. ya setelah itu jam10 malem.. rebes dan aku kirim filenya ke e-mail iyuth.. dia yg print malem-malem.. mana jam7 pagi kita-kita kuliah analisis kimia lingkungan.. wacananya pengumpulan proposal paling lambat jam9.. waaaaa... ngeriii takut ga keburu
stengah7 janjian sama iyuth di tempat potokopian buat ngejilid.. minta cepet sama mamangnya.. untunga baik dan kenal.. haha
langsung kita jilid ntuh proposal,, hahaha.. + bikin soft copynya dalam bentuk CD... abis minta ke mamang potokopinya.. aku sm iyuth masuk kuliah.. pas jam7-an purkon ngambil proposalnya.. dan abis ituuuu... purkon berburu tanda tangan ke pembimbing tapi berhubung pak gungun.nya belum dateng jadinya belum dapet..

bersyukur setelah kuliah.. nunggu lumayan lah 30menit-an.. akhirnya beliau datang.. minta ttd.. sempet pas diliat tuh CV pembimbingnya masih salah.. haha.. maap ya pak.. :(
tapi bapaknya baik.. ttp mau ttd proposalnya.. alhamdulillah yaa ALLAH.. alhamdulillah pak mudzakir selaku ketua jurusan juga masih ada di jurusan.. blm berkeliaran ke pasca.. heu.. jadinya rampung den ntu proposal untuk bisa dikumpulin..
rebes itu yo aku sama iyuth cabut ke isola alias gd.rektorat upi.. n nyerahin proposalnya..
sempet diperiksa dulu... trus lolos pemeriksaan judul.. dan aku sama iyuth balik ke jicca..

inget kata-kata pak gungun.. waktu tanda tangan proposal.. beliau minta kopiannya.. tapi aku sama iyuth sepakat ga bakal ngasihin kecuali kalo keterima.. wong analisisnya aja metodanya gatau bener apa engga,,
parah yah.. ini ma diniatin nya te udah pesimis duluan
abisnya bingung harus apa coba.. itu metodanya aja ngarang.. analisisnya masih agak buram.. ngeuh tapi blm tau detilnya..

hal yang ditakutin ya itu.. klo keterima.. harus direalisasikan.. :(
gimana caranya?? hiks..

dalam hati sih bertanya-tanya.. mungkin ga sih keterima proposalnya.. proposal bikinan bareng-bareng yang mungkin rda aneh,, hehe #haduuuuu
bberapa minggu yang lalu sempet sms'n sama purkon.. ngobrolin proposal pkm-p.. tapi aku di situ berharap untuk ga masuk.. secara.. kalo masuk harus kudu ngeluangin waktu untuk penelitian.. :"( takuuuuut.. blm pernah!! blm tau !! pengalam pertamaaa... huwaaaaaaaaaa.... T.T

dan barusan.. dapet sms dari temen.. katanya proposal ku masuk... alias diterima..
senyum dulu... trus harap-harap cemas dan segera buka netbook n koneksi ke internet.. berburu info di google.. pengumuman proposal pkmp2012.. akhirnya ku berhasil buka.. panjang bener dah.. finally...
yap!! tertulis tuh namaku disitu.. beserta judul proposal penelitiannya..
Data Pengumuman Proposal PKM-P 2012

alhamdulillah.. puji syukur padaMU yaa RABB..

jadi yakin kalo ini bukan mimpi.. kecebur lagi... ckckck... tapi lama-lama bimbang.. takut.. bingung bercampur aduk.. aku sama temen-temen aku masih angkatan 2009.. tingkat tiga.. belum menyentuh dunia penelitian.. :( hawatir gaboleh..

sumpah bingung banget!!!
sekarang hatiku harap harap cemas.. berharap ada setitik cahaya ,, jalan untuk aku dan teman2 sekelompokku menunaikan kewajiban realisasi peneitian ini.. cemas takut kalau-kalau penelitiannya gagal,,
laa haula wala quwwata illabillahilaliyyil adzim..
cuma bisa berdoa memasrahkan semuanya pda ALLAH.. usaha terbaik untuk hasil yang maksimal.. insyaALLAH..

bismillah.. 2012.. get out of the box!!!
:)

Komentar

  1. wah... ini blognya mahasiswi yang cerdas nih..
    trus cerita olimpiade sainsnya gimana..??

    semoga sukses ya.. berdoa dan berusaha jgn sampai lupa..., kakak berdoa dari jauh utk kesuksesan Farhan Fluoride Nafisah dkk...

    BalasHapus
  2. makasii kak insan,, ^^ iya nih bingung bgt gimana nasib aku pas ngejalanin penelitiannya.. ga kebayang.. :'(
    cerita olimpiadenya.. lain kali aja ak cerita di blog lagi. hehe.. soalnya panjang dan aku lagi bimbang.. T.T
    minta doanya y kak.. :)

    BalasHapus
  3. makasii kak nike.. ini hanyalah keberuntungan.. rejeki dari ALLAH.. ^^

    BalasHapus

Posting Komentar