guru-ku.. gue bangetzz!!

trima kasihku ku ucapkan pada guruku yang tulus
ilmu yang berguna, slalu dilimpahkan, untuk besarku nanti..
... la..la..la..
^^

lirik lagu yang indah, penuh makna yang luhur.. mengajarkan kita suatu pesan moral yang luar biasa.
guru..
yup guru.. sosok yang luarbiasa..

tadi sore, nonton filem laskar pelangi, episode kemarin sore dan tadi.. mengharukan.. cerita tentang anak-anak miskin di belitong yang memiliki semangat kuat untuk belajar di SD. Muhamadiyah... dengan kondisi memprihatinkan, sekolah itu tetap diperjuangkan oleh kepala sekolahnya yaitu pak harfan.. dan gurunya yang cantik, dan lembut... bu muslimah.. serta pak bakri.
di episode kemarin, dikisahkan pak harfan meninggal dunia ketika situasi sekolah sedang membutuhkan beliau.. bu muslimah yang begitu terpukul mengetahuinya.. menjadi putus harapan untuk meneruskan kelangsungan sekolah itu..
di episode sore tadi.. walaupun guru kesayangan 11 anak laskar pelangi itu sedang dirundung duka dan keputus asaan.. tapi mereka tetap bersemangat belajar.. ketika malam itu... mereka mendatangi rumah ibu guru tercintanya dan mempersembahkan sebuah lagu.. sepenggal lagu yang indah.. disertai tangis anak-anak luar biasa..

ahh.. tak ku sangka, cerita yang mengharukan.. aku pun sampai menangis menontonnya. bagaimana mungkin dalam situasi begitu.. anak-anak laskar pelangi tetap memperjuangkan hak untuk tetap sekolah.. gurunya.. ibu mus.. yang selalu memberikan ilmu yang bermanfaat dan senantiasa menanamkan nilai-nilai kebaikan..

jadi inget..
sekarang sih statusku mahasiswa.. jarang sekali aku mendapatkan pendidikan akademik dan moral sekaligus dari dosen-dosen.. hmm.. belajar mandiri, kuliah.. sekedar memenuhi jam kuliah.. jarang sekali menikmati masa-masa kekaguman pada sosok pengajar seperti yang pernah aku rasakan dulu di SD, SMP, dan SMK...
:(
tapi.. pernah sih.. ceritain aja deh
seorang dosen yang pada awalnya aku berpikir beliau itu jutek dan galak.. keliatan dari gurat mukanya.. pertama kenal waktu kuliah analisis kimia lingkungan.. bahasan di mata kuliah itu pernah aku pelajari semasa On The Job Training di Lab Kebumian Dinas Pertambangan dan Energi JaBar.. kurang lebih hampir sama.. dan pada saat aku melalui perkuliahan tersebut, aku merasa enjoy, sosok dosen yang menyenangkan pula.. ^^
beliau, cantik... pembawaannya.. asik pas kuliah..
waktu pretes praktikum instrumen AAS.. sama beliau tes lisan.. hmmm aku enjoy banget saat itu, liat sosok dosen yang analitik banget!! hehehe

^^

terus.. ada juga, dosen yang baiknya luar biasa.. sering cerita-cerita.. kisah-kiash yang mengandung pesan moral.. pembawaannya tenang banget.. beliau juga dosen analitik instrumen. awal tau juga emang udah nyangka sih makannya tiap kuliah kalau beliau ngomong, aku nyimak semua itu... apalagi kalau ibu bilang "sebagai mahasiswa harus berwawasan luas, banyak baca dari berbagai sumber". terus ibu juga sering bilang kalau kita musti jujur.. apalagi pas ujian.. ^^

indah yah kalau di sekeliling kita masih ada figur yang cocok untuk dijadikan contoh.. motivasinya.. istimewa buat aku. ga cuma belajar kimia.. tapi hati juga kudu disiram dengan nasihat-nasihat dan motivasi supaya ga kering..
he.he.he.

sebenernya yang penting dari postingan aku ini..
buat kawan-kawan yang masih bersekolah/kuliah.. yang masih bisa bertemu dengan sosok guru/dosen atau siapapun seorang pengajar.. bagaimanapun beliau.. sperti apapun.. jangan pernah sia-siakan masa-masa kebersamaanmu dengan gurumu.. karena tidak setiap saat kita bisa mendulang pesan bermakna yang bisa benar-benar tertanam dalam pikiran dan benakmu hingga membentuk kepribadian yang baik bagimu hingga saat ini..
di saat kalian menghadapi dunia kerja... dunia yang menuntutmu untuk mandiri dan penuh tanggung jawab.. menuntut kita untuk mengambil keputusan.. tanggungan hidup.. dan saat itu pula.. sosok guru tak ada lagi dalam dunia nyatamu.. yang ada adalah pesan-pesan indah yang senantiasa membesarkan jiwamu itu.. memberikanmu semangat.. menenangkanmu untuk tetap mau belajar..

ingatlah.. bagi kau yang tengah bahagia karena kesuksesanmu.. di balik itu ada peran seorang guru yang telah mencetakmu menjadi manusia yang berguna.. :)

ah.. bu guru, pak guru.. kau di sana tetap menjalankan misi mulia mu..
aku cinta padamu bu, pak..
untuk semua yang kau ajarkan..

Komentar

  1. agreed.... but ini gw banget, suka nilai guru dari tampangnya doank. padahal guru itu sifatnya dengan tampangnya.... good

    BalasHapus
  2. iyaaa.. heuuu... ^^ sering nih kyk gini.. ternyata emang bener ya.. "gue bangetzz!!" thx buat kunjungan dan jejaknya.. ^^

    BalasHapus

Posting Komentar