semangat dan maju terus!! joss!!

well halloooooo.. apa kabar blog ku yang setia.?? hari ini pengen curhat banyak tapi singkat deh yah..
long weekend kemarin (jumat-sabtu-minggu) ak habiskan dengan berbagai aktivitas di rumah.. seperti tidur, makan (eh makan ma ga ding) bernapas, ngelamun, nyanyi-nyanyi.. cuci piring, cuci kaus kaki, beresin rumah, ngepel2... dan lain-lain termasuk nyicil belajar biotek. dan finally tadi ujian biotek... yang materinya banyak abis!!

waktu tadi pagi, tabah bener.. ngerjain ntu 5 soal menulis buku biotek versi kilatnya... beberapa ada yang masih bolong2 jawabannya.. dan karena time's out... jadinya nyesel deh.. padahal udah kepikiran tapi blm sempet tertuliskan. dan sekarang bermuram durja , bukan ding... tapi berbete ria gemes sama soalnya.. hadeuuuuh...
oke, hal itu lewat..
lanjut... nah pas beres ujian, aku belajar penstruk, sambil nunggu dosennya dateng.. berhubung mggu kemarin pas masuk ak mlah ngapalin kimling, jadinya yg kmrin dosen terangin ntu ga ak inget. hahaha.. *jangan ditiru..
but sampe jam mata kuliah abis, ntu dosen kagak nongol nongol.. hukum ganjil-genap-ganjil dah ni dosen.. bete bertambah..
lewat..
nah pas gitu kan masih sekitar jam 10.20.. an akhirnya memutuskan untuk diam di depan jica sebelum capcus ke lab mikrobiologi buat purifikasi kultur bakteri.. biasa lah, ditemani hawa dingin ledeng.. sambil agak-agak ngelamun dikit lah tentang masa depan.. ntu cyanobakter tumbuh ape kagak, tadi ujian ngisinya bener ape kagak.. dan lain lain.. *duniawi bgt yak..
sambil juga an nunggu iyuth dan purkon di situ.. terus ga lama an nunggu, dateng praktikan yg ngumpulin buku jurnal.. oke.. baiklah.. rasanya malas melihatnya.. tapi harus bertanggungjawab...!! semangat!! joss!!
nah abis nerima jurnal dari sendy, an capcus ke ruang bu ratna.. keingetan sama pertanyaan anak2 praktikan soal penyusunan laporan.
di ruang bu ratna.. --->> konfirmasi penyusun laporan praktikum, selesai!
--->> curhat soal kejadian aneh waktu pemekatan kristal etil-p-metoksisinamat dari kencur.. rentetan kejadiannya diceritain, dan kenapa kenapanya juga dikisahin.. tenang rasanya udah cerita dan ibu paham.. baik deh.. haha
--->> ga disangka-sangka.. ditawarin beliau untuk jadi asisten perkuliahan.. wewh.. kaget si saya.. agaknya nepres ga jelas sama tawaran ibu.. antara mau banget dan bimbang karena ngerasa ga pantes.. but, please han.... move on!! kesempatan di depan mata... jangan disia-siakan.. ini waktunya bergerak di luar kotak aman kamu han!! an jawab aja "ya" ke beliau.. n kebetulan beliau juga minta tanya tawaran yg sama ke tmen se-asma aan di praktikum kimia organik2.. baiklah.. karena ngerasa klop.. an mulai tenang juga sih.. alhamdulillah.. but please... hahaha.. langsung dapet job gitu.. disuruh bikin kunci jawaban soal tes unit1.. sama ibu.. abis itu ntar diperiksa katanya, n dikasih arahan buat meriksain tu1nya itu.. wewh.. nepres ga jelas nya nambah... hehe
tpi baiklah.. dicoba.. harus dilatih juga kan otaknya,, lumayan udh agak lama ga ngulik reaksi organik, kan lumayan.. hehe

sebenernya kebahagiaan terbesar buat an ketika dapet tawaran ini tu, bersyukur bgt dipercaya sama beliau, selain baik orangnya, enak ngajarnya.. dan tipe dosen yang bkin semangat buat kuliah.. terus, bersyukur lagi-lagi dengan kesempatan yang langka ini, asa ga pantes weh.. soalnya an tau di kelas juga banyak tmen yang jauh lebih pinter dari an,,
nah, alhamdulillah puji syukur atas nikmat n karuniaNYA.. thank you ALLAH.. :))

lanjut,
abis bawa oleh-oleh konfirmasi laporan praktikum KO2 dan job baru, an menuju lab mikrobio.. berharap sang laboran nan baik hati itu keluar dan ngobrol soal purifikasi, an akhirnya memutuskan untuk duduk di depan lab, sambil buka-buka jurnal akhir anak2 praktikan.. heu,, baru ngerasain kek gini, jadi asma.. (asisten mahasiswa)

pas asik meriksa jurnal, tiba-tiba ada sepasang kaki berdiri deket an, pas an liat.. ternyata laboran yang ditunggu-tunggu.. yups siapa lagi kalo bukan pak deden.. hehe.. baik luarbiasa dah..
nah ga lama dari situ, an minta iyuth n purkon cpet k depan lab soalnya kata pak deden, bentar lagi bisa mulai purifikasi, soalnya ntar siang labnya penuh. dan berhubung beliau ada ngajar, jadinya dibimbing sama teh ratna..
tadi, diajarin dikit-dikit tentang tata cara kerja di dalam laminar.. seneng gitu deh.. baik ternyata si teteh.. karena purkon tak kunjung nongol, ya sudah tadi purifikasinya berduan dengan iyuth aja.. dan have fun banget ngerjainnya, seru... walaupun ada sepotong kejadian lucu di laminar.. hahahaha... gokils..

beres deh,, tadi kita isolasi 3 jenis koloni ke media agar miring dari sampe LCT (limban cair tahu) dan 2 jenis koloni dari kontrol... waaaaa rame pokoknya ... :))

terus, abis itu pulang bareng iyuth sampe panorama dan naik angkot.. haha garing pisan cerita teh..

but, thank's banget buat hari ini... hari ini ak bersyukur dan merasa bahagia.. atas nikmat yang ALLAH kasih sama an,, sebelumnya an sedih banget ga bisa ikut ON-MIPA padahal pengen banget bisa ikutan.. tapi an lebur keinginan an itu demi menuntaskan tanggungjawab an buat ngejalanin penelitian, konsen sama rancangan skripsi.. dan alhamdulillah dikasih amanah lagi buat jadi asisten perkuliahan.. semoga ini jadi awal yang baik untuk lebih banyak lagi menambah manfaat hidup an selagi masih jadi mahasiswa.. semoga jadi awal yang baik untuk bisa lebih banyak belajar hal-hal yang belum pernah an rasakan sebelumnya..

walaupun ujian biotek tadi rese abis, yang jelas usaha terbaik udah an laksanakan, ALLAH terkadang menghapus beberapa rancangan apa yang kita tuliskan dalam lembar langkah hidup kita, tapi penghapus itu berfungsi untuk membersihkan bagian-bagian tertentu yang ALLAH ingin isi dengan berbagai kejutan hidup.. apa yang terbaik untuk kita jalani.. buruk maupun indah.. semuanya ALLAH rangkum dalam lembar-lembar sejarah manusia untuk bisa menjadi lebih baik lagi. walau tak mudah memang.. namun kita manusia.. tidak diciptakan untuk menyerah... so.. semangat dan maju terus!! joss!!

that's all pengalaman an hari ini, semoga nanti an bisa cerita-cerita lagi pengalaman yang lain.. hhe..

walaupun langitku mendung.. tapi inilah hidup,
keberhasilan yang hakiki akan dicapai dengan usaha maksimal
orientasi pada perubahan batiniyah jauh lebih berharga.. dan membuat kita memahami banyak persoalan hidup.. aku hidup di tempat bersarang.. terlindung dari masalah-masalah kompleks.. maka pembekalan dari setiap rentetan masalah adalah pendidikan yang indah yang DIA susun agar ku bisa menjadi pribadi yang lebih dewasa, mapan, tenang.. 
ins.ALLAH setiap badai pasti berlalu.. setelah hujan ada pelangi.. maka optimis dan bersemangatlah mengejar masa depan yang menanti..
^_^

-Farhan Nafisah

Komentar